//
you're reading...
Filsafat Sejarah

Kritik Terhadap CLM


Kritik Terhadap CLM

CLM adalah sebuah modul keterangan yang mengandung banyak faktor positif. Modul yang jelas dan sangat sederhana, maka CLM dapat menjadi titik pangkal yang tepat bagi diskusi-diskusi mengenai keterangan Historis. CLM juga menunjang usaha para ahli umtuk mempererat hubungan antara pengkajian Sejarah dan ilmu-ilmu sosial. Modul CLM sangat populer diantara filsuf sejarah, walaupun begitu masih ada juga berbagai bentuk pertentangan di dalamnya, antara para ahli CLM itu sendiri. Perlawanan yang “pasif” karena para ahli sejarah itu sendiri tidak merasa terdorong agar secara intensif menekuni pro dan kontara dalam CLM. Rasa enggan mereka terhadap CLM, lebih berdasarkan naluri dari pada akal budi. Di bawah ini akan di lukiskan tentang beberapa keberatan yang diajukan sementara filfuf sejarah terhadap CLM.
a. Jarak antara eksplanans dan eksplanandum
Filsuf Kanada W. H. Dray. Ia menyerang CLM secara mati-matian. Menurutnya dalam keterangan CLM, sebuah peristiwa tidak pernah diterangkan dalam segala kompleksitasnya , melainkan selalu dalam deskripsi (yang paling cocok) inilah kelemahan pokok dari CLM. Oleh karena itu selalu ada jarak antara ekplanans dan eksplanandum. Dari hal inilah maka CLM selalu tidak bisa memuaskan seorang ahli sejarah. Untuk mengatasi masalah ini maka CLM dapat di perhalus, sehingan jarak antara ekplanans dan ekplanandum dapat di perkecil. Tetapi hal ini ada dampak megatifnya, diantaranya adalah kesahihan pola hukum yang di pergunanak berkurang. Semakin hukum umum didekatkan pada peristiwa sejarah yang kongkrit maka pola hukum itu akan semakin terinci dan makin besar. Difalsifikasikan (hukum umum selalu aman). Dan jumlah peristiwa sejarah yang dapat dijadikan batu ujian bagi kesahihan sebuah pola hukum, maka berkurang.
Posisi CLM sebetulna sangat terdesak, maka diberika solusi yang pertama adalah terpaksa bekerjasama dengan pola-pola hukum yang kurang dapat diandalakan. Solusi kedua dari Dray adalah menjelaskan jalan pikiran dengan suatu percakapan fiktif antara seorang peneliti sejaran dengan seorang penganut CLM. Tetapi kedua alternatif ini selalu dapat di bantah. Karena para ahli sejarah selalu berminat pada hal-hal yang khas daripada terhadap sifat-sifat umum dari suatu peristiwa sejarah. Maka bila dihadapkan dalam dua peristiwa yang dapat di bandingkan, maka bukan hal-hal yang sama menarik perhatian seorang sejarawan, melainkan perbedaan-perbadaan yang ada.
b. Keberatan terhadap pola hukum Probabilistis
Dengan pola-pola Probabilistis dapat diterangkan, mengapa dalam sekian persen sejumlah kasus sebab tertentu disusun akibat tertentu, tetapi tidak diterangkan apa yang terjadi di dalam kasus-kasus individual. Contonya; apabila ada suatu hukum sosiologis yang mengatakan, dalam keadaan C,60 % bermigrasi. Hukum Probabilistis tidak dapat membantu kita, bila ingin meneliti apakah apakah suatu keluarga dalam keadaan C akan bermigrasi atau tiadak. Baik bila mereka bermigrasi, maupun bila mereka tidak bermigrasi, hal itu selalu serasi dengan hukum Statistik. Menurut para peneliti sejarah hukum-hukum Probabilistis dan Statistik kurang memadai
c. Sifat formal dalam CLM
Hal ini hanya merupakan kriterium yang semata-mata formal, agar suatu keterangan dapat diaggap Historis yang dapat diterima. Mengenai isi dari keterangan itu sediri, bagaimana de facto ada atau bagaimana seharusnya ada, tidak di singgung oleh CLM. Hal inilah yang kurang memuaskan.
d. Keberataan Foucault
Keberataan ini paling besar terhadap CLM, di kemukakan oleh ahli filsafat dan sejarah berkebangsaan Prancis, Foucault. Dalam alam pikiran yang menghasilkan CLM, terdapat keyakinan (yang sering tidak diungkapkan), bahwa hakikat suatu keterangan harus mengembalikan yang tidak dikenal, dan menjadikanya dikenal. Contohnya jika kita melihat sesuatu yang mengherankan; rasa heran itu akan lenyap, apabila gejala itu dikaitkan dengan sesuatu yang sudah kita ketahui. Misalnya pada malam hari terdengar suara yang aneh. Ternyata, suara aneh itu adalah suara seekor Kucingyang sedang mencari makan.

About artantio

saya hanya manusia biasa yang gemar menulis... ^^

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: