//
you're reading...
Sejarah Amerika

Tujuan Tindakan Polisional Amerika Serikat di Asia Tenggara


Tujuan Tindakan Polisional Amerika Serikat di Asia Tenggara

Amerika Serikat mempunyai keinginan untuk membentuk suatu tatanan dunia yang baru, yakni dengan menstabilkan dunia, termasuk negara-negara di Asia Tenggara dengan menstabilkan dunia yang aman menurut pendapat Amerika Serikat, yang tentu tidak lepas dari kepentingan-kepentingan Amerika Serikat sendiri. Amerika Serikat berusaha menjalaqnkan kekuasaannya dan mendapatkan kepentingan nasionalnya. Tujuan Amerika Serikat meliputi tujuan politik, ekonomi, dan militer.
 Tujuan Politik
Sejak peristiwa pengeboman gedung Washington DC tanggal 11 September 2001, Amerika Serikat menjadi fokus pada perang melawan terorisme. Perang melawan terorisme mendominasi agenda pemerintahan. Terorisme dianggap telah melecehlkan kekuatan Amerikia Serikat dan jika diteruskan gerakan terorisme dapat mengganggu keamanan dan ketertiban dunia. Amerika Serikat juga mulai mengadakan kampanye diplomatik yang berkesinambungan ke Asia Tenggara untuk memberi bantuan luar negari agar bersama negara-negara di Asia Tenggara, Amerika Serikat dapat menghancurkan organisasi teroris. Tindakan-tindakan polisional yang dilakukan oleh Amerika Serikat sebenarnya bertujuan untuk meningkatkan dominasinya dikancah perpolitikan dunia internasional, terlebih untuk melindungi stabilitas nasionalnya terhadap ancaman dari para pesaing-pesaingnya.
 Tujuan Ekonomi
Kebijakan yang diambil Amerika Serikat dalam bidang ekonomi adalah pembukaan pasar Amerika ekspor untuk negara-negara berkembang termasuk negara-negara di Asia Tenggara. Hal ini dilakukan selain untuk membantu ekonomi dari negara-negara pengekspor, tujuan yang paling utama yaitu untuk menaikkan citra Amerika Serikat sebagai negara super power.
 Tujuan Pertahanan dan Keamanan
Amerika Serikat merencanakan strategi untuk menghadapi ancaman teroris yang bercorakkan agama dengan tujuan yang sederhana, yakni penghancuran total Al-Qaeda. Setiap orang yang merencanakan dan membantu teroris akan diburu dan dihukum. Operaasi mereka akan di hancurkan, keuangan mereka akan dikeringkan dan tempat persembunyian mereka akan dimusnahkan.
Amerika Serikat membentuk koalisi internasional, yaitu dengan membentuk kerjasama dengan negara-negara lain, termasuk negara-negara di Asia Tengggara demi terciptanya stabilitas dan keamanan dunia. Namun sebenarnya apa yang dilakukan oleh Amerika Serikat tersebut hanya demi pertahanan Amerika Serikat sendiri. Selain itu, Amerika Serikat juga ingin mempertahankan kekuatan milliternya. Amerika Serikat ingin menjadi negara terkuat dibanding negara-negara besar lainnya .

Daftar pustaka:

Fareed Zakaria, yang dikutip oleh Samuel P. Huntington,dkk., 2005, Amerika dan Dunia, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia,

About artantio

saya hanya manusia biasa yang gemar menulis... ^^

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: