//
you're reading...
Sejarah Australia dan Ocenia

Kehidupan Serta Struktur Pendudk Asli Australia


Australia adalah suatu daratan yang oleh orang Eropa diperbincangkan eksistensinya. Mengenai Australia yang perlu diketahui adalah bahwa penduduk asli Australia diperkirakan telah menempati Australia sekitar 40.000 tahun yang lalu suku asli Australia ini disebut Aborigin dan oleh Elkin yang memberikan argumentasi mengenai ras manusia ia menyatakan bahwa penduduk asli Australi adalah Australoid hal itu didasarkan pada ciri-ciri yang terlihat jelas membedakan Australoid dengan ras manusia lainya. Ciri-ciri fisik mereka yaitu kulit yang berwarna cokelat, rambut ika bergelombang, muka dan tubuh berbulu, dagi sempit dan mundur, rahang menonjol serta mulut lebar.
Penduduk asli Australia ini tidak dapat dipastikan kapan mereka mulai memasuki benua Australia. Diperkirakan suku ini masuk ke Australia melalui Arah utara melewati Asia tenggara melewati Indonesia dan masuk melalui pantai daerah Kimberly, Selat Tores dan laut Timor. Dilihat dari data yang ada struktur masyarakat orang aborigin ini masih sederhana masih pada tahap food gathering, sistem kepercayaan yang sudah ada. Walaupun begitu penduduk Aborigin ini mengalami perkembangan kehidupa sosial yang sangat lambat sehingga ketika ada pendatang baru masuk Australia dengan membawa produk modern jelas sekali orang Aborigin sangat tertinggal.
Jalan kearah penemuan benua Australia suddah diawali dengan pelayaran bangsa Portugis dan ekspedisi-ekpedisi bangsa spanyol. Rute-rute pelayaran ke Australiaini semakin memudahkan bangssa-bangsa berikutnya menemukan Australia. Banyak tokoh-tokoh seperti Magellan, Del Cano, Quiros, dan Torres. Hal mengenai pelayaran ke bumi bagian selatan ini tidak pernah bisa dilepaska dari adanya teori Antipodes yang menyatakan adanya daratan diselatan katulistiwa yang disebut sebagai “Terra Australis Incognita”. Hal hal terseutlah yang sebenarnya memberika sumbangan yang begitu berharga bagi penemuan benua Australia sampai saat bangsa-bangsa berikutnya datang ke Australia dan mulai berkuasa di negeri kangguru tersebut.

DAFTAR PUSTAKA
Farndon, J. 2005. Sejarah Dunia untuk anak pintar; terjemahan dari buku 2000 things you should know about world history. Great Bradfield , Essex: Miles Kelly Publishing Ltd.
Koentjaraningrat. 1990. Pengantar ilmu Antropologi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ratih, Harjono. 1992. Suku Putihnya Asia. Jakarta: Gramedia Pustaka umum.
Siboro. 1989. Sejarah Australia. Jakarta: Depdikbud

About artantio

saya hanya manusia biasa yang gemar menulis... ^^

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: