//
you're reading...
B. Indonesia

Pengertian Makalah


1. Makalah adalah karya tulis yang memerlukan studi, baik secara langsung maupun tidak langsung. Makalah dapat disajikan dalam pertemuan ilmiah (diskusi, seminar, atau lokakarya). Makalah yang ditulis seorang pejabat, dan dibawakan dalam suatu pertemuan, disebut kertas kerja. Makalah yang ditulis mahasiswa sering kali disebut papertugas tertulis pada mata kuliah tertentu, bisa berupa kajian suatu buku, masalah atau analisis fakta hasil observasi (Wibowo, 2001 : 64).

2. Makalah ilmiah adalah kajian atau ulasan ilmiah hasil gagasan sendiri (dalam hal ini di bidang pendidikan, pengajaran, bimbingan penyuluhan, dan bidang kependidikan lainnya) yang disajikan dalam bentuk tulisan (Ediyono, 1991: 46).

3. Makalah adalah kertas kerja ilmiah, tertulis, tepat dan singkat, mengandung pemecahan masalah satu pokok bahasan secara terpadu, plot tunggal, pada umumnya makalah disebut sebagai kertas kerja yang dibacakan dalam diskusi-diskusi atau working paper (Arifin, 1986: 78).

4. Makalah atau paper adalah karangan ilmiah yang disusun mahasiswa sebagai latihan mengarang ilmiah untuk melengkapi sebagian dari suatu mata kuliah tertentu. Paper dapat berupa pembahasan teoritis yang bersifat literair, kritik atau suatu pendapat sendiri (Ahmadi, 1984: 12-13).

5. Makalah adalah tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan. Makalah juga diartikan sebagai karya tulis pelajar atau mahasiswa untuk melaporkan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi (Hariyanto, 2006: 1).

About artantio

saya hanya manusia biasa yang gemar menulis... ^^

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: